Mengenal Merchandiser, Tanggung Jawab, dan Skill yang Dibutuhkan
Pernahkah kamu melakukan pembelian impulsif? Misalnya, tiba-tiba membeli permen di kasir atau membeli barang dari promo _buy 1 get 1_ yang terpampang nyata di etalase supermarket. Jika ya, kamu seharusnya tahu apa itu _merchandiser_. Mereka lah yang berada di balik strategi _marketing_ tersebut.
Seorang _merchandiser_ umumnya bekerja di industri retail. Mereka berperan sangat penting dalam memastikan produk berada di tempat yang strategis. Tidak hanya itu saja, mereka juga mempunyai beberapa tanggung jawab lainnya. Ikuti pembahasan lebih lanjut mengenai definisi, tanggung jawab, dan _skill_ mereka di bawah ini!
## Apa Itu Merchandiser?
_Merchandiser_ adalah orang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan produk, mulai dari sampainya produk di toko hingga saat pelanggan membeli produk tersebut. Oleh karena itu, seorang _merchandiser_ harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk membuat _display_ toko semenarik mungkin.
Sebenarnya, ada banyak definisi yang menerangkan apa itu _merchandiser_, karena pada dasarnya tanggung jawab mereka bisa saja berbeda-beda di tempat satu dengan tempat yang lain. Namun, pada intinya, mereka bertugas untuk menciptakan lingkungan belanja yang menarik secara visual agar pelanggan mau membeli produk mereka.
## Tanggung Jawab Merchandiser
Meskipun tugas merchandiser sangat beragam, tetapi, setiap industri membutuhkan _merchandiser_ yang mengemban setidaknya lima tanggung jawab inti sebagai berikut.
### 1\. Memeriksa dan Memantau Kelengkapan Produk
Sebelum _merchandiser_ memajang produk di rak, mereka harus memeriksa kelengkapan informasi produk tersebut. Informasi yang mereka periksa meliputi harga, tanggal kadaluarsa, kondisi kemasan, dan jumlah produk. Di samping itu, mereka harus memastikan bahwa produk benar-benar layak dijual.
Setelah itu, mereka juga bertanggung jawab memantau kebersihan dan ketersediaan barang. Dengan begitu, pemilik bisnis dapat memperoleh laporan penting selain dari transaksi penjualan.
### 2\. Mengatur Tata Letak Produk
Melalui informasi apa itu _merchandiser_ di atas, kamu sudah mengetahui sekilas tanggung jawab paling kentara profesi ini. Seorang _merchandiser_ harus mampu mengatur tata letak produk dengan baik. Mana produk yang seharusnya berada di bagian depan dan mana produk yang seharusnya di belakang pada sebuah retail.
Misalnya, _merchandiser_ harus bisa menentukan dengan cermat mana pakaian yang digantung, dilipat, ataupun dipasang ke badan manekin sesuai dengan tujuan marketing.
### 3\. Menganalisis Tren dan Perilaku Konsumen
Meski jarang, terkadang _merchandiser_ bertanggung jawab menganalisis trend dan perilaku konsumen. Contohnya, apakah suatu trend berlangsung cukup lama sehingga konsumen dapat mencari produk yang sedang trend tersebut.
Mata _merchandiser_ harus jeli dalam mengamati perilaku konsumen. Jika konsumen hanya melakukan _window shopping_, maka ada yang perlu mereka benahi di bagian rak etalase. Perilaku konsumen biasanya cerminan dari penempatan produk di dalam toko. Untuk itu, bila perlu lakukan survei kecil-kecilan pada konsumen.
### 4\. Merencanakan dan Menjalankan Strategi Promosi
_Merchandiser_ juga mengemban tugas dalam merencanakan sekaligus menjalankan strategi promosi. Jika mereka sudah mengantongi hasil analisis tren dan perilaku konsumen, maka mereka bisa menggunakannya sebagai bahan rencana strategi promosi yang sesuai dengan target market.
Misalnya, jika ada produk yang viral, mereka bisa memajangnya di rak paling depan dengan berbagai tulisan yang mengundang hasrat untuk membeli.
### 5\. Melakukan Pengadaan Produk
Mungkin hubungan antara apa itu _merchandiser_ dan tanggung jawab yang satu ini terlewatkan oleh kamu. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa _merchandiser_ ternyata juga bertanggung jawab dalam pengadaan produk.
Beberapa pemilik toko akan menugaskan _merchandiser_\-nya untuk mencari dan membeli produk yang sekiranya cocok untuk toko mereka. Jadi, mereka turut andil dari tahap pertama dalam berjualan.
## Jenis-jenis Merchandiser
Posisi pekerjaan ini umumnya ada di industri retail. Tetapi, berdasarkan faktor-faktor, seperti stok produk, organisasi, harga, dan tampilan, ada lima kategori _merchandiser_ yang bisa kamu pelajari.
### A. Retail
Merchandiser yang terlibat di lokasi retail menjadi penghubung antara pabrik dan konsumen.
### B. Digital
Jenis merchandiser ini fokus pada strategi penjualan _online_, seperti desain situs _web_, tata letak halaman, dan kecepatan situs _web_.
### C. Product
Apa itu _merchandiser_ produk atau _product_ _merchandising_? Kategori yang ketiga ini fokus pada pengembangan strategi di toko, baik _online_ maupun _offline_.
### D. Visual
Kategori _merchandiser visual_ mempunyai spesialisasi di bidang desain grafis dan aspek komposisi tampilan produk.
### E. Reset
Seorang _reset merchandising_ akan meninjau ulang dan membuat inovasi baru dari strategi yang pernah berjalan.
## Skill yang Harus Dimiliki Seorang Merchandiser
Seorang merchandiser harus punya sejumlah keahlian, di antaranya adalah:
* kreativitas tinggi,
* analisis data,
* komunikasi,
* jeli, dan
* teliti.
## Prospek Kerja Merchandiser
Setelah memahami apa itu _merchandiser_, tanggung jawab, jenis, dan _skill_ atau keahlian yang dibutuhkan, mari pelajari bagaimana prospek kerja pekerjaan ini. _Merchandiser_, terutama yang berlatang belakang desain, memiliki prospek karir yang sangat baik.
Jika kamu tertarik dengan profesi ini, kamu bisa memulai karir dari posisi junior atau _staff_. Kemudian, butuh waktu 7 sampai 8 tahun untuk mencapai level senior, tapi tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat dari itu.
Gaji _merchandiser_ level junior atau _staff_ berkisar antara Rp4.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00. Ketika kamu mendapat promosi ke level senior, kamu bisa mendapat gaji sekitar Rp8.500.000,00.
Angka-angka tersebut tentunya hanya perkiraan, karena kamu masih berkesempatan memperoleh tunjangan lain, tergantung kebijakan perusahaan dan kesepakatan awal kamu.
## Apa Itu Merchandiser Menurut Pendapat Kamu?
Setelah mengetahui apa itu _merchandiser_, apakah kamu tertarik dengan profesi tersebut? Berkat pekerjaan _merchandiser_, para konsumen dapat menemukan produk yang mereka cari dengan mudah dan cepat di pertokoan atau retail favorit emreka. Selain itu, konsumen juga dapat mencoba produk dan mengikuti promo terbaru.
Mengingat betapa besarnya peluang karir di bidang ini, [_Primakara University_](https://primakara.ac.id/) membuka [Jurusan Desain Komunikasi Visual](https://primakara.ac.id/pendidikan/desain-komunikasi-visual) (DKV). Dengan belajar di jurusan yang tepat, jurusan DKV Primakara University membantu kamu mempersiapkan diri untuk berkarir sebagai _merchandiser_ dengan prospek yang bagus.
Di samping itu, kamu juga bisa berkarir sebagai _qualified digital designer_ untuk sektor di luar retail, seperti animasi periklanan, _software development_ maupun desain digital.
## FAQ
**Apa Itu Merchandiser?**
_Merchandiser_ adalah orang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan produk, mulai dari sesampainya produk di toko sampai pelanggan membeli produk tersebut.
**Apa Tugas Mereka?**
Mereka bertugas untuk menciptakan lingkungan belanja yang menarik secara visual agar pelanggan mau membeli produk mereka.
**Berapakah Jenis Profesi Tersebut?**
Ada lima jenis _merchandiser_ yang berbeda menurut beberapa faktor, seperti stok produk, organisasi, harga, dan tampilan, antara lain:
* Retail.
* digital.
* _product_.
* visual.
* _reset_.
**Apa Saja Tanggung Jawab Mereka?**
* Memeriksa dan memantau kelengkapan produk.
* Mengatur tata letak produk.
* Menganalisis trend dan perilaku konsumen.
* Merencanakan dan menjalankan strategi promosi.
* Melakukan pengadaan produk.
**Berapa Gaji Merchandiser?**
Gaji _merchandiser_ level junior atau _staff_ berkisar antara Rp4.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00. Ketika kamu mendapat promosi ke level senior, kamu bisa mendapat gaji sekitar Rp8.500.000,00.