8 Contoh Program Python Sederhana dan Menarik untuk Pemula

Python termasuk salah satu bahasa pemrograman populer yang cukup menarik bagi pemula. Keunggulan Python yaitu bersifat gratis dan _open source_, sintaksnya sederhana, dan serbaguna. Jika tertarik belajar Python, kamu bisa mencari tahu contoh program Python terlebih dahulu. Ada banyak contoh pengaplikasian bahasa pemrograman Python sederhana yang bisa kamu coba. Sebagai pemula, cobalah mempelajari program-program sederhana terlebih dahulu. Yuk, simak contoh programnya di sini! ## 8 Contoh Program Python Sederhana untuk Pemula Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini deretan contoh program Python sederhana untuk para pemula: ### 1\. Menampilkan “Hello World” Contoh program paling sederhana yang bisa kamu coba adalah program untuk menampilkan tulisan “Hello World”. Jadi, kamu hanya perlu menggunakan fungsi _print_ atau cetak untuk menampilkan _output_ tersebut.  Bukan hanya teks seperti “Hello World”, fungsi _print_ juga bisa menampilkan _output_ berupa angka atau karakter lain.  _Syntax_:
1# Mencetak tampilan “Hello World”
2print (‘Hello World’)
Penjelasan _syntax_: * Baris 1: Menggunakan komentar (#) untuk menunjukkan tujuan program Hello World. * Baris 2: Mencetak “Hello World” dengan fungsi print()_._ _Output_: Hello World ### 2\. Menghitung Luas Contoh program Python selanjutnya yaitu kalkulator sederhana untuk menghitung luas dari persegi panjang. Untuk menghitung luas persegi panjang, kamu harus memasukkan nilai panjang dan juga lebar. Berikut ini programnya: _Syntax_:
1# Menghitung luas bangun persegi panjang
2panjang = float(input(“Masukkan nilai panjang: “))
3lebar = float(input(“Masukkan nilai lebar: “))
4hasil_luas = panjang * lebar
5print(“Luas persegi panjang =”, hasil_luas)
Penjelasan _syntax_: * Baris 2-3: Memasukkan nilai panjang dan lebar dari persegi panjang yang akan dihitung.  * Baris 4: Menghitung luas persegi panjang dengan rumus panjang kali (\*) lebar. * Terakhir, baris 5: Mencetak hasil luas persegi panjang. _Output_: Masukkan nilai panjang: 6 Masukkan nilai lebar: 4 Luas persegi panjang = 24 ### 3. Contoh Program Python untuk Menyatukan Dua Variabel Contoh program satu ini bisa menggabungkan dua variabel atau kata menjadi satu kalimat. Langsung saja, berikut ini contohnya: _Syntax_:
1# Menyatukan Dua Variabel
2flower = str(input(“Apa bunga favoritmu? “))
3pet = str(input(“Apa hewan yang kamu sukai? “))
4gabung = flower +’ ‘ +pet
5printf(”Gabungannya katanya adalah: {gabung}”)
Penjelasan _syntax_: * Baris 2-3: Memasukkan variabel yang akan digabungkan, yaitu bunga favorit dan hewan yang disukai. * Baris 4: Menggabungkan masukan “flower” dan “pet”. * Terakhir, baris 5: Mencetak kata yang digabungkan. _Output_: Apa bunga favoritmu? Mawar Apa hewan yang kamu sukai? Kelinci Gabungan katanya adalah: Mawar Kelinci ### 4\. Mengurutkan Berdasarkan Abjad Kamu juga bisa menggunakan bahasa Python untuk mengurutkan kata sesuai abjad. Sehingga kamu tidak perlu mengurutkannya secara manual. Berikut contoh program Python untuk mengurutkan kata sesuai abjad yaitu: _Syntax_:
1# Mengurutkan Kata Sesuai dengan Abjad
2kata = input(“Masukkan kata (gunakan spasi untuk memisahkan): “)
3daftar_kata = kata.split()
4daftar_kata.sort()
5urutan_kata = ‘ ‘.join(daftar_kata)
6print(“Urutan kata sesuai abjad:”, urutan_kata)
Penjelasan _syntax_: * Baris 2: Meminta masukan dari pengguna berupa kata yang diurutkan. * Baris 3: Fungsi “split()” adalah untuk memisahkan kata dengan spasi. * Lalu, baris 4: Fungsi “sort()” untuk mengurutkan kata menggunakan _method_ sort()_._ * Baris 5: Menggabungkan kata yang sudah diurutkan menggunakan fungsi “join()”. * Baris 6: Mencetak _output_.  _Output_: Masukkan kata (gunakan spasi untuk memisahkan): Mangga Jambu Pepaya Alpukat Stroberi Urutan kata sesuai abjad: Alpukat Jambu Mangga Pepaya Stroberi ### 5\. Menghasilkan Angka Acak Contoh program Python selanjutnya sangatlah sederhana. Kamu bisa menghasilkan angka acak atau _random_ melalui _syntax_ berikut ini: _Syntax_:
1import random
2print(random.radint(0,30))
Penjelasan _syntax_: * Baris 1: Impor modul random * Baris 2: Menampilkan angka acak antara 0 sampai 30 _Output_: 5 (hasil akan berubah setiap kamu menjalankannya) ### 6. Contoh Program Python untuk Menggabungkan Beberapa Series Terkadang kamu mungkin ingin menggabungkan dua atau beberapa data dengan cepat. Untuk itu, kamu bisa menggunakan contoh program berikut ini: _Syntax_:
1# Menggabungkan beberapa series
2daftar1 = [“a”, “b”, “c”]
3daftar2 = [1,2,3]
4daftar_gabung = daftar1 + daftar2
5print(“daftar_gabung”)
Penjelasan _syntax_: * Baris 2-3: Menginisiasikan data yang akan digabungkan. * Baris 4: Menggabungkan data. * Terakhir, baris 5: Mencetak hasil. _Output_: a, b, c, 1, 2, 3 ### 7\. Menghitung Rata-Rata Contoh program Python sederhana selanjutnya yaitu menghitung rata-rata. Metodenya adalah kamu perlu memasukkan beberapa angka, lalu program akan menghitungnya secara otomatis. Adapun programnya yaitu sebagai berikut: _Syntax_:
1# Menghitung Rata-Rata
2jumlah_angka = int(input(“Masukkan jumlah angkanya: “))
3total = 0
4for in range(jumlah_angka):
5  angka = float(input(“Angka ke-{}: ”.format(i+1)))
6  total_nilai += angka
7rata_rata = total_nilai/jumlah_angka
8print(“Rata-Rata: “, rata_rata)
Penjelasan _syntax_: * Baris 2: Mengambil masukan jumlah angka yang akan dihitung rata-ratanya. * Baris 3: Variabel untuk menghitung jumlah total angka. * Lalu, baris 4: Pengulangan sebanyak jumlah angka. * Baris 5: Semua angka yang dimasukkan melalui pengulangan akan dijumlahkan. * Baris 7: Menghitung nilai rata-rata. _Output_: Masukkan jumlah angkanya: 2 Angka ke-1: 6 Angka ke-2: 8 Rata-Rata: 7 ### 8\. Menghitung Akar Kuadrat Contoh program Python sederhana yang terakhir yaitu menghitung akar kuadrat. Langsung saja, berikut ini programnya: _Syntax_:
1# Menghitung akar kuadrat
2angka = float(input(“Masukkan nilai angka: “))
3hitung_akar_kuadrat = angka ** 0.5
4print(“Akar kudrat dari %0.3f yaitu %0.3f”%(angka, hitung_akar_kuadrat))
Penjelasan syntax: * Baris 2: Meminta pemasukan angka dari pengguna. * Baris 3: Menghitung akar kuadrat. * Terakhir, baris 4: Mencetak hasil. _Output_ program: Masukkan nilai angka: 16 Akar kuadrat dari 16 yaitu 4 ## Contoh Program Python Mana Yang Akan Kamu Buat? Jika kamu bisa menguasai bahasa pemrograman Python, maka kamu akan menemukan peluang kerja yang lebih luas. Bukan hanya itu, gaji _developer_ Python juga sangat tinggi.  Namun, untuk bekerja secara profesional di bidang pemrograman Python, kamu perlu menempuh pendidikan tinggi terlebih dahulu. Menempuh pendidikan secara formal bisa membuka peluang kerja yang semakin luas. Jurusan Informatika dari [Primakara University](https://primakara.ac.id/) menawarkan mata kuliah bahasa pemrograman Python. Sebelum memutuskan untuk mendaftar, kamu bisa mencari tahu apa saja [mata pelajaran Jurusan Informatika](https://primakara.ac.id/blog/tips-kuliah/pelajaran-informatika).  Dengan kurikulum yang terkini dan tenaga pengajar yang berpengalaman, kami menawarkan pengalaman belajar yang mengasyikkan dan relevan. Jurusan Informatika di Universitas Primakara tidak hanya fokus pada teori, tetapi juga memberikan kesempatan praktis untuk mengembangkan keterampilan nyata dalam dunia teknologi. Yuk, jadilah bagian dari masa depan teknologi dengan mendaftar di Jurusan Informatika di Universitas Primakara! ## FAQ **1\. Program Python untuk apa saja?** Python termasuk _programming language_ komputer yang berfungsi untuk mengembangkan _software_ atau aplikasi, _website_, melakukan analisis, serta membuat tugas berjalan otomatis. **2\. Apa bahasa pemrograman Python untuk pemula?** Program Python termasuk bahasa pemograman yang mudah dipelajari dan cocok untuk pemula. **3\. Apakah Python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi?** Ya, bahasa Python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sudah disederhanakan sehingga lebih mudah digunakan. **4\. Python termasuk bahasa pemrograman apa?** Python adalah _high level programming language_ yang serbaguna, dinamis, serta memiliki _syntax_ super _simple_. _Programmer_ bisa menjalankannya pada hampir semua arsitektur sistem.  **5\. Contoh bahasa pemrograman lain apa?** Java, C++, Swift, C#, Javascript, PHP (PHP _Hypertext Preprocessor_), dan lain sebagainya.

explore more
primakara university

360 Virtual Tour

Ikuti Virtual Tour

Penerimaan mahasiswa

Penerimaan

Berita & Kegiatan

Lihat Berita